DPRD PROVINSI SULAWESI TENGGARA MENGUMUMKANYA DALAM RAPAT PARIPURNA SEMBARI MENANTI PIDATO KENEGARAN

Reporter : H. Atto Raidi, S.IP
Narasumber : Ketua DPRD Sultra, Abdurrahman Saleh

16. 08. 2018. R.R.I. 006 LIPUTAN DAERAH

PASCA PENETAPAN PASANGAN CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR TERPILIH SULAWESI TENGGARA OLEH KOMISI PEMILIHAN UMUM KEPADA PASANGAN ALI MAZI – LUKMAN ABUNAWAS, DPRD PROVINSI SULAWESI TENGGARA MENGUMUMKANYA DALAM RAPAT PARIPURNA SEMBARI MENANTI PIDATO KENEGARAN.// SELENGKAPNYA DILAPORKAN ATTO RAIDI REPORTER RRI KENDARI.//.....

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) mengumumkan hasil penetapan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Prov Sultra terkait pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sultra terpilih masa jabatan 2018 - 2023, Ali Mazi - Lukman Abunawas dalam rapat paripurna sebelum mendengarkan pidato kenegaran Presiden RI di Gedung DPRD Prov Sultra, Kamis (16/08/2018).

Ketua DPRD Sultra, Abdurrahman Saleh dalam sambutannya mengucapkan syukur Alhamndulillah karena semua proses tahapan serta perhelatan dipelataran hajat demokrasi telah usai dan meninggalkan cerita dalam ruang sejarah yang manis untuk dikenang.

INSERT 1: KETUA DPRD SULTRA...........

Dalam kesempatan itu, Ketua DPRD Sultra juga menyampaikan apresiasinya kepada penyelenggara pilkada baik KPU maupun Badan pengawas pemilu (Bawaslu) yang menjaga nalar, moral dan integritasnya dalam implementasi pilkada secara konstitusional sesuai tugas dan kewenangan yang diberikan oleh ketentuan perundang-undangan.

INSERT 2: KETUA DPRD SULTRA.............

Abdurrahmah Saleh juga mengucapkan selamat kepada Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih Ali Mazi - Lukman Abunawas yang akan dilantik pada 17 September mendatang di istana negara oleh Presiden RI dan berharap semoga amanah dalam memimpin daerah.

Sebelumnya, Perolehan suara hasil pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur Sulawesi tenggara dari tiga pasangan calon kepala daerah yang tampil sesuai hasil rekapitulasi KPU Sultra, Pasangan Ali Mazi–Lukman Abunawas meraih suara terbanyak yakni 495.880 suara atau 43,68 persen dari total jumlah pemilih 1.628.328.

Disusul pasangan Rusda Mahmud–Syafei Kahar meraup 358.537 suara atau 31,58 persen  serta pasangan Asrun–Hugua memperoleh 280.762 suara atau 24,73 persen.  

Mengantisipasi peredaran gelap narkoba melalui jalur udara

Reporter : Musyafir, S.IP
Narasumber : Kepala bandara Haluoleo Rudi RIchardo

Mengantisipasi peredaran gelap narkoba melalui jalur udara ke daerah ini otoritas bandara melakukan pengawasan ekstra ketat kepada seluruh pengguna jasa penerbangan menggunakan sistem pengamanan berlapis.// Kepala bandara Haluoleo Rudi RIchardo mengatakan sejauh ini, belum ditemukan adanya Narkoba yang dikirim keluar Sultra lewat Bandara Halu Oleo./ Rata-rata Narkoba yang ditemukan merupakan dari daerah lain yang masuk ke Sultra.// Meski demikian upaya-upaya pencegahan terus dilakukan bahkan semakin ditingkatkan agar daerah ini bisa bebas dari penyelahgunaan dan peredaran gelap narkoba.// INSERT

 

Penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba di wilayah provinsi Sulawesi Tenggara dinilai sudah sangat memprihatinkan.// Data yang ada di Badan Narkotika Nasional Provinis Sulawesi Tenggera menyebutkan, hingga pertengahan tahun 2018 ini, jumlah Narkoba jenis Sabu yang berhasil di sita sebanyak 3,5 kilogram lebih.// Padahal bila dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya dalam setahun Narkoba yang ditemukan 500 gram hingga 1 Kilogram.// Menurut Kepala BNNP Sultra Brigadir Jendral Polisi Bambang Prihambada menjelaskan, banyaknya Narkoba yang ditemukan mengindikasikan pengguna Narkoba di Sultra juga telah meningkat.// Dirinya berharap semua pihak untuk sama-sama memerangi peredaran Narkoba.//

 

Imbauan Kepala LPP RRI Kendari Terhadap Pejabat Eselon 3B

Reporter : Gafar, S.IP
Narasumber : Kepala LPP RRI Kendari Fitra Widjaja dan Kepala Dinas Komunikasi dan informatika Sulawesi Tenggara Kusnadi

Kepala LPP RRI Kendari Fitra Widjaja, berpesan kepada seluruh pejabat eselon 3/b dan 4a yang baru dilantik, untuk berpacu meningkatkan kinerja, sesuai tugas pokok dan fungsi di bidang masing-masing /// Usai melantik 4 pejabat administrator eselon III/b dan 11 pebajat pengawas eselon IV/a, Fitra Widjaja menegaskan, setelah status LPP RRI Kendari naik ke tipe B dari sebelumnya tipe C, tugas dan tanggung jawab para pejabat juga makin bertambah /// Karena itu, bagi pejabat yang baru dilantik, dapat menjalankan tugas sungguh-sungguh, dengan tidak ada kata menyerah atau tidak mampu dalam menjalankan tugas pengabdian melayani public ///

Insert : Fitra Widjaja ...

Sementara itu, kepala dinas Komunikasi dan informatika Sulawesi Tenggara Kusnadi, usai menghadiri pelantikan pejabat eselon III/b dan eselon IV/a lingkup LPP RRI Kendari juga berharap, dengan naiknya status ke Tipe B, seluruh karyawan dapat bekerja maksimal meningkatkan kualitas Program siaran ///

Insert : Kusnadi ...

4 pejabat administrator eselon 3b yang baru dilantik tersebut, masing-masing kepala Bidang pemberitaan Dedy Sumardi, kepala Bidang Programa Siaran Zakaria Sidik, kepala Bidang Teknologi dan Media Baru Dri Mulyo Suliyanto Gunu dan Sulistiyanto Istifarullah sebagai kepala Bidang Layanan dan pengembangan usaha LPP RRI Kendari /// Lpt

Penyembelihan hewan kurban pada musim lebaran idul adha sebagaimana yang diatur dalam syariat islam bisa dilakukan selama 4 hari terhitung sejak hari raya atau setelah usai sholat id.

Reporter : H. Atto Raidi, S.IP
Narasumber : Kepala bidang Penais, zakat wakaf Kantor wilayah (Kanwil) Kementrian Agama (Kemenag) Sulawesi tenggara (Sultra), H.M Sabir

23. 08. 2018. R.R.I. 006 LIUPUTAN DAERAH

Penyembelihan hewan kurban pada musim lebaran idul adha sebagaimana yang diatur dalam syariat islam bisa dilakukan selama 4 hari terhitung sejak hari raya atau setelah usai sholat id.

Hal itu diungkapkan Kepala bidang Penais, zakat wakaf Kantor wilayah (Kanwil) Kementrian Agama (Kemenag) Sulawesi tenggara (Sultra), H.M Sabir kepada RRI di Kendari, Kamis (23/08/2018).

Dijelaskan, setiap penyembelihan hewan kurban harus memperhatikan lima syarat sebagaimana yang dituangkan dalam hadis Rasulullah SAW, yakni jenis hewan berupa sapi,kambing dan domba ataupun sejenisnya.

Disamping itu, hewan yang memiliki status kepemilikan yang syah dan dipelihara dengan baik serta sehat dan halal, kondisi fisik hewan yang normal atau tidak cacat, usia hewan kurban yang usianya minimal diatas dua tahun, lalu hewan qurban yang dibeli secara urungan dengan maksimal tujuh orang dalam kelompok keluarga.

INSERT 1: H.M.SABIR.................

Dibagian lain juga dikatakan H.M. Sabir, bagi umat muslim yang berkurban, untuk mengambil bagian dari daging kurban, tidak lebih dari 1/3 bagian dan sisanya di berikan atau disedekahkan kepada fakir miskin, dihadiahkan kepada kerabat serta sahabat dan disunahkan untuk dimakan yang menyembelih.

INSERT 2: H.M.SABIR......................

Hewan kurban yang disembelih pada hari raya idul adha 1439 hijriyah oleh pemerintah provinsi sulawesi tenggara mencapai 143 ekor terdiri dari 139 sapi dan 4 kambing.

Daging kurban tersebut dibagi-bagikan kepada masyarakat di sekitar tempat penyembelihan.

Pembagian daging kurban dilakukan dalam bentuk penukaran kupon yang sebelumnya telah dibagikan pihak panitia penyembelihan hewan kurban di tempat masing-masing.   

 

 

 

Idul Adha 1439 H, Kemenag Sultra Potong 17 Ekor Sapi

KBRN, Kendari: Kantor Wilayah (Kanwil) Kementrian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) melakukan pemotongan hewan kurban sebanyak 17 ekor sapi pada perayaan Idul Adha 1439 Hijriah/2018 Masehi.

Dari 17 ekor hewan kurban itu, terdiri dari 6 ekor sapi dikelola langsung oleh Kanwil Kemenag Sultra sedangkan 11 ekor lainnya diserahkan pengelolaannya kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ikut berkurban untuk dibagikan langsung kepada yang berhak menerimanya.

Plt. Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Sultra Mansur, S. Pd. MA mengatakan, hewan kurban yang dipotong saat musim lebaran idul adha merupakan agenda rutin yang dilakukan pihak Kanwil Kemenag Sultra lalu dibagikan kepada fakir miskin sebagai sedekah, kerabat ataupun sahabat hingga disunahkan untuk dikonsumsi bagi si penyembelih.

"Pemotongan kurban ini merupakan agenda tahunan jajaran Kemenag Provinsi Sultra sebagai wujud rasa syukur atas segala rizki yang telah diberikan Allah SWT, dan bentuk ketaatan sesuai dengan yang telah diajarkan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail," Ungkap Mansur kepada RRI di Kendari, Kamis (23/08/2018) saat dilakukan penyembelihan hewan kurban di Pondok Pesantren Mu’as Mujaba Kota Kendari.

Mansur juga mengungkapkan, perbandingan hewan kurban tahun ini dengan sebelumnya, sedianya meningkat, namun karena ada beberapa karyawan dan karyawati di jajaran Kemenag yang berkurban atas nama pribadi dan keluarga pada tahun ini sehingga mengalami penurunan, dari 20 ekor pada tahun lalu, tahun ini hanya sebanyak 17 ekor.

"Tahun lalu 20 ekor sapi, tapi tahun ini 17 ekor sapi, penurunan ini karena banyak ASN yang berkurban atas nama pribadi dan keluarga sehingga kelompok kurban ASN berkurang, bagi masyarakat yang mampu agar berkenan ikut berkurban dan dagingnya bisa diberikan kepada masyarakat yang berhak, sehingga tidak ada masyarakat yang tidak makan daging di hari raya Idul Adha tahun ini," Lanjutnya.

Sementara itu, Kasubag Inmas Kanwil Kemenag Sultra selaku panitia pelaksana pemotongan hewan kurban Rahmad mengatakan, seluruh paket kurban akan didistribusikan kepada masyarakat Kota Kendari yang terbagi menjadi 350 paket hewan kurban.

Daging kurban itu lanjutnya, distribusikan kepada masyarakat Kota Kendari, khususnya tetangga jajaran Kemenag, baik yang telah memiliki kupon maupun yang belum memiliki kupon, mulai pukul 10.00 s.d. 13.00 WITA.

 

Sejumlah Santri Mengikuti Pendidikan Gratis di Universitas Al-Azhar Mesir

Reporter : Gafar, S.IP
Narasumber : Direktur Pondok pesantren Al-Ikhlas Lambuya kabupaten Konawe Syahruddin Umar

4 santri pondok pesantren Al-Ikhlas Lambuya Kabupaten Konawe, mendapat kesempatan mengikuti pendidikan gratis di Universitas Al-Azhar Kairo Mesir, melalui jalur beasiswa /// Direktur Pondok pesantren Al-Ikhlas Lambuya kabupaten Konawe Syahruddin Umar mengungkapkan, 4 santri yang lolos melanjutkan pendidikan tersebut, merupakan santri yang memiliki segudang prestasi, diantaranya telah menguasai bahasa arab dan bahasa inggris /// Menurut Syahruddin, para santri itu, sebelumnya telah mengikuti magang di pesantren induk al ikhlas ujung kabupaten Bone Sulawesi Selatan, untuk memperdalam ilmu yang diperoleh selama 6 tahun di pondok pesantren ///

Insert : Konawe Syahruddin Umar ...

Terpilihnya 4 santri melanjutkan pendidikan di Universitas Al-Azhar Kairo Mesir, merupakan sebuah kebanggan bagi pembina dan pengasuh pondok pesantren Al-Ikhlas Lambuya Konawe, sehingga menjadi motifasi bagi santri lainya dalam berprestasi /// Pembina dan pengasuh pondok pesantren berharap, agar setelah mengikuti pendidikan, dapat kembali ke pondok pesantren al ikhlas lambuya untuk mengabdi menjadi tenaga pengajar /// 4 Santri dan santriwati yang menlanjutkan pendidikan itu, yakni Ramdhanil, Muamar, Aesa dan Rostina /// pondok pesantren Al-Ikhlas Lambuya Kabupaten Konawe memiliki beberapa misi pendidikan, diantaranya pembinaan akhlakul karimah, kemampuan berbahasa arab dan inggris serta program menghafal al quran /// Lpt